Cokelat yang dikenal bisa merusak gigi dengan kandungan gulanya yang tinggi ternyata menyimpan khasiat yang sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Namun untuk menghindari hal-hal yang merugikan anda tetap perlu mengontrol diri ketika mengonsumsi cokelat ini karena pada dasarnya semua yang berlebihan itu tidaklah baik. Berikut terdapat manfaat cokelat yang berguna untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

  1. Sebagai anti-obesitas

Obesitas adalah salah satu faktor risiko utama dalam perkembangan CVD. Konsumsi kakao menyebabkan penurunan signifikan dalam total berat badan, mesenterika berat jaringan adiposa putih dan trigliserida serum. Saat Analisis DNA dilakukan pada lemak hati dan mesenterika sampel jaringan, hasilnya menunjukkan penurunan ekspresi dari berbagai gen yang terkait dengan transportasi asam lemak dan sintesis dalam lemak hati dan mesenterika dan meningkat ekspresi gen yang terkait dengan thermogenesis.

 

  1. Mencegah tumor dan kanker

Beberapa penelitian in vitro menunjukkan bahwa coklat menghambat pertumbuhan sel kanker. Antikanker yang tepat mekanisme tidak dipahami dengan jelas pada tahap ini. Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan kelebihan itu asupan cokelat membuat seseorang lebih mudah berkembang kanker. Uji klinis dan pra-klinik lebih lanjut adalah diperlukan untuk menyelidiki mekanisme yang terlibat dalam coklat tindakan dan untuk membenarkan penggunaan cocoa sebagai terapi untuk pencegahan dan pengobatan kanker.

 

  1. Anti-peradangan

Cokelat menghambat jalur lipoksigenase, secara langsung mengikat ke situs aktif enzim lipoxygenases.

 

Selain beberapa manfaat kesehatan yang di paparkan diatas coklat juga bermanfaat untukmencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, dan anti depresan.  Kandungan lemak rendahmeningkatkan sirkulasi darah,  menghindari kelelahan kronismenghambat penuaan,  meningkatkan kesehatan mata,  menghaluskan kulit, membantu menurunkan berat badan dan juga konsumsi coklat sangat baik untuk kesehatan otak.

Perlu diketahui bahwa selain manfaat untuk kesehatan yang terkandung dalam cokelat kita perlu mengontrol dalam kadar mengkonsumsi cokelat. Karena konsumsi cokelat secara berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan berbanding terbalik dari manfaatnya. Diantara akibatnya adalah menyebabkan timbulnya jerawat, obesitas, karies, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain-lain

dosa daripada obat, terkait dengan jerawat, karies, obesitas, tekanan darah tinggi, arteri coroner penyakit dan diabetes.

Sumber : sumbermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation