1. Apa itu Jantung Koroner ?

Jantung koroner, secara medis disebut penyakit jantung iskemik ialah penyakit jantung yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol, lemak, atau zat lainnya pada dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak mempersempit arteri sampai-sampai jantung tidak banyak mendapatkan darah.

Hal ini mengakibatkan akan timbul serangan jantung dengan ditandai nyeri pada dada. Penyakit jantung koroner diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di jantung karena adanya dampak penumpukan plak atau lemak tersebut.

Berikut ialah beberapa tanda bahwa seseorang mempunyai peluang penyakit jantung koroner.

1. Pusing dapat menjadi fenomena penyakit jantung koroner, sebab jantung tidak bisa memompa lumayan darah ke otak.

2. Kelelahan tetapi tanpa sebab, dapat jadi tanda bahwa terdapat sesuatu yang salah sampai-sampai dapat mengakibatkan kelelahan, sebab jantung bekerja lebih keras guna memompa aliran darah melalui pembuluh darah yang tersumbat.

3. Nyeri dada (angina), yakni nyeri dada yang terjadi saat area otot jantung tidak mendapatkan lumayan oksigen dan seringkali dirasakan saat terlalu tidak sedikit beraktivitas.

4. Keringat dingin dan mual, sebab otot-otot jantung akan kelemahan oksigen sehingga mengakibatkan suatu situasi yang dinamakan iskemia. Kondisi ini akan merangsang keluarnya keringat berlebih.

5. Sesak napas, merupakan fenomena penyakit jantung seringkali mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada.
Pengobatan penyakit gagal jantung koroner harus segera ditangani dengan baik. Kesehatan harus menjadi prioritas utama bagi individu.

2. Cara Pengobatan Jantung Koroner

Berikut cara-cara untuk melakukan pengobatan pada penyakit jantung koroner, antara lain:

• Merawat diri sendiri. Aktivitas aerobik selama 20–30 menit 5 hari seminggu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Jika terluka, lakukan aktivitas yang membutuhkan sendi otot tetap mempertahankan fungsi fisik saat pemulihan.

• Pengidap penyakit akan dianjurkan menggunakan obat-obatan oleh dokter untuk mengatasi penyakit jantung, seperti meminum obat golongan beta bloker, statin, dan lain-lain.

• Cara medis dengan sebuah tabung yang ditempatkan di arteri jantung untuk membuatnya tetap terbuka.

Melakukan operasi atau pembedahan untuk mengembalikan aliran darah ke jantung dengan menggunakan arteri atau vena yang sehat untuk melewati arteri yang tersumbat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation